PUTARAN II MENUJU NTT 01 TANGGAL 15 MEI 2013

Minggu, 07 April 2013

KPU jalan sehat sosialisasi Pemilu 2014


merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar gerak jalan sehat mensosialisasikan sekaligus merangkul masyarakat untuk berpartisipasi aktif pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Jujur 2014.


Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu upaya mengingatkan partisipasi aktif masyarakat pada Pemilu 2014.




Ia mengatakan tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu Legistatif 2009 hanya mencapai 71 persen, seperti ditulis antara, Minggu (7/4). Karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk menaikkan tingkat partisipasi tersebut dengan menumbuhkan kepercayaan masyarakat atas pelaksanaan Pemilu.



Sebelumnya ia mengatakan KPU telah memperkirakan kenaikan partisipasi pemilih pada Pemilu legislatif 2014 sekitar empat persen saja.



Pelaksanaan jalan sehat yang dimulai dari Monas sekitar pukul 07.00 WIB tersebut diikuti pula oleh Komisioner KPU, Komisioner KPU DKI Jakarta, Ketua Umum Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie, Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, dan jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta.



Jalan sehat yang mengambil rute Monas melalu kantor KPU dan Jalan MH Thamrin hingga berakhir di Monas diikuti oleh ribuan peserta. Peserta gerak jalan sehat telah kembali di Monas sekitar pukul 08.20 WIB.



Pelaksanaan jalan sehat oleh KPU sebagai salah satu bentuk sosialisasi Pemilu 2014 pada masyarakat ini juga dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Waykanan, Lampung.



Komisioner KPU Waykanan, Erwan Bustani di sela-sela pelaksanaan jalan sehat mengatakan pihaknya siap menyambut penyelenggaraan Pemilu 2014, antara lain dengan telah melantik 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 666 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di daerah tersebut.



Pada Pemilu 2014, lanjutnya, jumlah daerah pemilihan (Dapil) di Waykanan tetap lima atau tidak berubah. Terdapat 40 kursi yang akan diperebutkan di DPRD Waykanan.